PTI: Graphic, Digital Media, dan Multimedia
Graphics
Grafis yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih umumnya adalah
representasi piktorial dan manipulasi data dengan komputer. Perkembangan
komputer grafis telah membuat komputer lebih mudah untuk berinteraksi
dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data.
Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang mendalam pada banyak
jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri.
Istilah komputer grafis mencakup hampir semua yang ada di komputer yang
bukan merupakan teks atau suara. Hari ini hampir semua komputer
menggunakan beberapa grafis dan pengguna mengharapkan untuk
mengendalikan komputer mereka melalui ikon dan gambar, bukan hanya
dengan mengetik.
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang
sekarang berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra, dan
pengenalan pola. Grafik komputer juga disebut dengan visualisasi data.
Grafik komputer dapat dibagikan menjadi dua, yakni grafik komputer masa
nyata dan grafik komputer bukan masa nyata. Grafik komputer meliputi
gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan oleh komputer dalam bentuk
garis, lengkungan, kurva dan sebagainya.
Digital Media
Media digital merupakan perangkat dalam bentuk media elektronik dimana
data disimpan dalam bentuk digital form. Perangkat ini juga sangat pesat
berkembang seiring dengan berjalannya kecanggihan teknologi saat ini.
Banyak orang telah menggunakan perangkat digital untuk mempermudah
aktivitas mereka maupun digunakan untuk hiburan semata. Asosiasi
industri media digital Florida, Digital Media Alliance Florida
mendefinisikan media digital sebagai konvergensi kreatif seni digital,
ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis untuk ekspresi manusia,
komuniasi, interaksi sosial dan pendidikan. Media digital penggunaanya
pun sangatlah mudah tidak terkesan kuno seperti alat alat analog yang
masih menggunakan sistem manual.
Pada perangkat digital ini kita dapat mengerjakan sesuatu secara cepat
atau istilahnya instan tanpa banyak menggunakan tenaga manusia.
Teknologi digital terutama digunakan dengan media komunikasi fisik baru,
seperti satelitte dan transmisi serat optik. Modem digunakan untuk
mengubah informasi digital di komputer ke sinyal analog untuk saluran
telepon dan untuk mengkonversikan sinyal telepon analog ke informasi
digital untuk komputer. Teknologi digital pada dasarnya sistem yang
menghitung secara cepat yang memproses semua bentuk informasi sebagai
nilai-nilai numeris. Teknologi ini juga dapat mengubah sinyal menjadi
kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (bilangan biner) untuk memproses
informasi yang lebih mudah, cepat dan akurat dan sinya tersebut disebut
bit.
Multimedia
Multimedia sebenarnya adalah suatu istilah generik bagi suatu media yang
menggabungkan berbagai macam media baik untuk tujuan pembelajaran
maupun bukan. Keragaman media ini meliputi teks, audio, animasi, video,
bahkan simulasi. Tay (2000) memberikan definisi multimedia sebagai :
Kombinasi teks, grafik, suara, animasi dan video. Bila pengguna
mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol maka hal ini disebut multimedia
interaktif. Lalu ketika media belajar disajikan dalam bentuk audio yang
dikemas analog dengan pita kaset, baik sebagai suplemen buku materi
pokok, maka media tersebut kita kenal dengan istilah media audio. Media
audio ini terpisah dengan buku teks, sehingga ada dua media, yang satu
dengan teks dan satu lagi media audio. Disinilah istilah ini sering
dipadankan dengan multi media, yaitu pemakaian lebih dari satu media
dalam proses pembelajaran. Dam ketika media teks dikemas dengan webpage
lalu disisipi dengan file audio, animasi, dan gambar diam pada halaman
web tersebut maka konvergensi, penggabungan antar empat elemen sudah
terjadi maka padanan minimal multimedia sudah identifikasi, sebagai
bahan ajar yang multimedia, kata multimedia disatukan dan tidak
dipisahkan seperti mutli media.
Sehingga kombinasi teks, grafis, dan elemen audio kedalam satu koleksi
atau presentasi menjadi multimedia interaktif ketika anda memberikan
kontrol kepada pengguna terhadap informasi apa yang dilihat dan dilihat.
Multimedia interaktif menjadi hypermedia ketika desainernya menyediakan
sebuah struktur dari elemen-elemen yang dilink dimana seseorang
pengguna dapat bernavigasi dan berinteraksi, Tay (2004).
Bitmapped Graphics
Bitmap yaitu representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan
titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan
nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih,
atau lebih bagi gambar berwarna. Kerapatan titik-titik tersebut
dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini
ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, contohnya
300px/inch (satuan ini sering dipakai agar hasil cetak tidak pecah,
lebih besar lebih bagus).
Terkadang resolusi diartikan sebagai lebar dan panjangnya suatu media,
namun pada pembahasan format gambar Resolusi diartikan sebagai banyaknya
warna atau titik warna dalam satuan ukuran tertentu. Untuk menampilkan
citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, komputer
menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta
(pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX
,TIFF. JPEG, GIF, dll.
Gambar bitmap bisa disebut juga dengan gambar raster merupakan kumpulan
kotak-kotak kecil pixel). Titik-titik pixel tersebut ditempatkan pada
lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri yang secara
keseluruhan akan membentuk sebuah tampilan. Gambar bertipe bitmap
sesungguhnya adalah mozaik dari ribuan atau jutaan pixel. Ketika bekerja
dengan gambar bitmap kita akan mengedit pixel-pixel yang merupakan
bagian dari sebuah objek gambar.
Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi warna dan bayangan
dari sebuah gambar, karena itu tipe bitmap merupakan media elektronik
yang paling tepat untuk gambar gambar dengan perpaduan gradasi warna
yang rumit, seperti foto dan lukisan digital. Gambar bitmap sangat
tergantung dengan resolusinya, karena setiap gambar mempunyai jumlah
pixel yang pasti. Hal ini berarti bahwa sebuah gambar akan sangat
tergantung dari jumlah pixel yang membentuknya. Apabila dilakukan
pembesaran ukuran gambar dengan resolusi kecil, maka gambar akan
kehilangan detil dan akan terlihat kotak-kotak pixel yang berundak
(jagged).
Pixel-pixel yang membentuk gambar tersebut memiliki warna warna tertentu
dan jumlah warna yang boleh dimiliki oleh suatu gambar dinamakan
intensitas. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, 16 juta
warna (true color) gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam putih (black
& white). Semakin banyak jumlah warna dalam suatu gambar maka
gambar yang dihasilkan akan semakin bagus. Jumlah warna maksimum dari
gambar dapat dilihat dari jenis filenya. Misal file gambar yang
berekstensi .jpg akan memiliki maksimum 16 juta warna, atau file yang
berekstensi .gif memiliki jumlah warna maksimum 256. Jika file bitmap
diperbesar maka ketajaman gambar akan berkurang.
Melakukan Editing Foto Menggunakan Komputer
Untuk melakukan editing foto menggunakan komputer hal yang pertama kali dibutuhkan adalah foto yang akan diedit itu sendiri. Biasanya formatnya adalah JPEG. Namun untuk mendapatkan hasil editing yang maksimal dapat menggunakan foto yang RAW (berformat .NEF). Kemudian langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi editing foto yang untuk komputer. Beberapa aplikasi editing foto komputer adalah :- Adobe Photoshop
- Adobe Lightroom
- AutoDesk Pixlr
- PhotoScape
- Corel PHOTO-PAINT
Langkah terakhir adalah memasukan foto yang akan di edit tersebut
kedalam salah satu aplikasi editing foto komputer. Kemudian editing
dilakukan sesuai dengan kebutuhan, seperti mengkoreksi warna gambar
(Color Correction) atau melakukan Grading pada foto (Color Grading),
menaikkan/menurunkan brightness dan contrast, saturasi dan vibrance,
exposure atau levels dan lain-lainnya. Ketika foto sudah selesai diedit,
maka foto tersebut di save atau di export.
Object-Oriented Graphics
Object-Oriented Graphics merepresentasikan objek grafis, seperti garis,
busur, lingkaran, dan persegi panjang, dengan rumus matematika. Metode
ini menggambarkan benda yang memungkinkan sistem untuk memanipulasi
objek lebih bebas. Object-Oriented Graphics biasa disebut dengan Vector
Graphics, sedangkan Bitmapped Graphics kadang disebut dengan Raster
Graphics.
Vector Graphics
Vector Graphics adalah gambar yang tidak bergantung pada resolusi atau,
gambar vektor adalah gambar yang terimpan sebagai persamaan matematik
(disebut algoritma) yang menunjukkan kurva, garis, dan bentuk-bentuk
lain. Mudah untuk diperbesar/diperkecil tanpa menurunkan kualitas
gambar. Gambar vektor adalah gambar yang tidak bergantung pada resolusi,
sehingga saat kita melakukan pembesaran atau pengecilan, gambar tetap
mempunyai kualitas yang sama. Karena gambar vektor merupakan hasil
garis, kurva, dan bidang sehingga setiap unsur mempunyai fill dan stroke
yang dapat kita edit sesuai kreasi. Untuk menyimpan hasil kerja gambar
vektor sebagai gambar bitmap, kita tinggal menyimpannya menggunakan
format lainnya (misal : jpg) dengan tetap menyimpan format file aslinya
sehingga kita dapat mengeditnya setiap saat. Format penyimpanan file
yang tergolong gambar vektor adalah AI, CDR, CMX, CGM, serta beberapa
format yang lain. Sedangkan aplikasi komputer grafis yang umum dapat
menghasilkan gambar vektor adalah Adobe Illustrator, Corel Draw, dan
Macromedia Freehand.
Kelebihan Vector Graphics adalah :
Kelebihan Vector Graphics adalah :
- Ukuran file relatif lebih kecil sehingga ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien.
- Ukuran dan bentuknya dapat diubah tanpa menurunkan mutu tampilannya.
- Dapat dicetak pada resolusi tinggi.
- Menggambar dan menyunting vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan.
Kekurangan Vector Graphics adalah konversi langsung objek gambar
tersebut dari format bitmap ke vector tidak dapat menghasilkan gambar
yang bagus.
Software Pemodelan 3D
Blender
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D.
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual,
model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender
memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting
gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel,
animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
SketchUp
Sketchup merupakan salah satu dari sekian banyak software yang berfungsi
untuk membuat gambar 3D (3 dimensi). SketchUp dapat digunakan oleh
praktisi-praktisi dibidang arsitektur, sipil, pembuat film, pengembang
game, desainer grafis, bahkan ilustrator untuk menciptakan gambar 3d
sesuai kebutuhan. Perbedaan SketchUp dibanding software-software 3D lain
adalah user friendly, artinya SketchUp didesain familiar dan mudah
digunakan oleh siapapun tanpa harus menguasai teknik-teknik yang rumit
dan penuh perhitungan. Selain itu software ini tersedia dalam versi
gratis yang dapat didownload. Versi gratis ini pun tidaklah mengecewakan
karena memiliki banyak fungsi yang memungkinkan kita untuk membuat
gambar dengan kualitas baik dan kerumitan cukup tinggi. Keunggulan lain
adalah output yang dapat dihasilkan SketchUp dapat kita ubah menjadi
beraneka ragam karakter gambar. Mulai dari gambar 2D vector, 3D
realistis, ataupun gambar yang sangat menyerupai sketsa tangan.
AutoDesk 3DS MAX
3DS Max adalah program untuk modeling, rendering, dan animasi yang
memungkinkan Anda untuk mempresentasikan desain Anda, seperti desain
interior, arsitektur, dan iklan, secara realistik dan atraktif.
Kelengkapan fitur, sistem parametrik pada objek, serta sistem keyframer
pada animasi, telah menempatkan 3DS Max menjadi program animasi yang
mudah dan populer dibandingkan program aplikasi sejenis.
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah
perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh
Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and
Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio
fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan
akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.
Demikianlah Artikel PTI: Graphic, Digital Media, dan Multimedia
Sekian Artikel sayaPTI: Graphic, Digital Media, dan Multimedia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua.
Anda sedang membaca artikel PTI: Graphic, Digital Media, dan Multimedia dan artikel ini url permalinknya adalah http://akubukanmastah.blogspot.com/2017/01/pti-graphic-digital-media-dan-multimedia.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
0 komentar